Jumat, Desember 23, 2011

berhenti sejenak part II

Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stress, Stephen Covey mengangkat segelas air dan bertanya kepada para siswanya: "Seberapa berat menurut anda kira segelas air ini?"
Para mahasiswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr. jawaban yang terlalu ilmiah
"Ini bukanlah masalah berat absolutnya,tapi tergantung berapa lama anda memegangnya." kata Covey. "Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan ambulans untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya memegangnya, maka bebannya akan semakin berat."
"Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak akan mampu membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya." lanjut Covey.
"Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut, istirahat sejenaksebelum mengangkatnya lagi".
yah, sebuah logika sederhana, namun sarat makna. Beban yang dicontohkan merupakan hal simpel, namun dapat menggambarkan arti penting istirahat. KIta bisa bekerja seoptimal mungkin, namun tetap ingat tubuh juga butuh istirahat.
saat kamu pulang dari rutinitas, tinggalkan semua beban, istirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan apa yang seharusnya kamu lakukan esok hari.

1 komentar:

  1. super sekali.. dalam menghadapi beban butuh istirahat agar beban itu bisa kita hadapi dan menjadi ringan..

    Salam Blogger STAN!
    ditunggu kunjungan dan follownya.. :D

    BalasHapus