Senin, November 28, 2011

inspiraton word from my grandparents

     Memasuki blog ini, terlihat di bawah judul blog tulisan diberi hidup sekali, kenapa tidak dinikmati?. Sebuah kalimat yang saya dapat dari obrolan dengan almarhumah nenek saya dua tahun yang lalu, tepat setelah perjalanan pertama dari jakarta ke malang menggunakan kereta ekonomi yang memang selalu menguras tenaga.
      Begitu datang, saya melihat beliau asyik menenun sebuah sweater. Hobi yang selalu dilakukan beliau bila waktu senggang. Saya ucapkan salam, disambut senyuman hangat dan kalimat sapa ramah.
mengambil kursi terdekat, saya langsung duduk di sebelahnya. cerita pertama yang saya bawakan pada beliau, fakta bahwa kondisi cuaca di jakarta berbeda jauh dengan kondisi kampung halaman saya. Terbiasa hidup di kota dengan udara dingin, jelas membuat jakarta bukan kota favorit saya.
      Beliau tersenyum, mendekatkan tubuhnya, dan memberikan jawaban yang selalu saya ingat dari beliau, "kamu diberi hidup sekali, kenapa tidak dinikmati?". singkat, namun sarat makna.
      Pemikiran sederhana yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Logis, kenyataan bahwa kita hanya hidup sekali pasti membuat kita dihadapkan pada 2 pilihan : nikmati atau lewati tanpa kamu sempat menikmatinya.
       Nikmati, kamu nikmati proses yang kamu lakukan tanpa mengeluh, selalu mencari sisi positif dari kegiatan yang kamu lakukan, asalkan tidak menyimpang dari  agama yang kamu yakini.
      Lewati begitu saja, kamu tanpa sadar hidup hanya untuk menghabiskan hari demi hari sampai datang masa kamu harus kembali pada bentuk asalmu.
       Apapun yang kamu lakukan, bersyukurlah kamu masih bisa melakukannya, dan nikmatilah, karena lebih baik menyalakan satu lilin daripada mengutuk kegelapan tanpa melakukan apapun

2 komentar:

  1. tergantung cara nikmatimu bener opo salah om??
    blogmu tak link nde blog ku yaa..seng rajin lak nulis :D

    BalasHapus
  2. Dinikmati tapi jangan lupa bersyukur..
    Jangan lupa urusan akhirat juga ya bo.. (●ⁿ⌣ⁿ●)づ
    Keep blogging guys!! ╭(′▽`)╯

    BalasHapus